Senin, 12 Maret 2012

Oleh - Oleh Khas Cirebon - Desain Kemasan

Di Indonesia, produk oleh-oleh makanan khas daerah adalah salah satu produk yang banyak dijual, seperti di Kota Cirebon, yang memiliki beragam oleh-oleh makanan dari berbagai olahan hasil alam, mulai dari makanan kering, basah, manis-manis, asin, hingga bau. Karena letaknya di pesisir pantai dan berhawa panas, sebagian besar olahannya dari hasil laut udang dan ikan, dan pepohonan tropis. Oleh-oleh ini mencerminkan identitas daerah yang merupakan brand dari daerah tersebut. Oleh-oleh makanan membutuhkan kemasan. Pada dasarnya, kemasan adalah yang mengandung isi dari produk, tetapi kemasan juga bekerja sebagai bagian dari marketing mix dengan menyampaikan secara visual dan pesan brand bersama dengan produk itu sendiri secara langsung pada tangan konsumen. Sehingga, secara langsung seharusnya, produk oleh-oleh makanan khas bisa membawa brand personality daerah tersebut yang disampaikan melalui desain kemasannya. Sebagai simulasi, dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah, oleh-oleh makanan Cirebon dikumpulkan di bawah badan koperasi usaha, dan desain kemasan ini digunakan sebagai pemersatu, yang menyampaikan satu pesan tentang keunikan Kota Cirebon. 

In Indonesia, the product of authentic giveaway (oleh-oleh) food is the one of the trends of trading products, like in Cirebon City which has many kind of authentic giveaway food made from natural resources, from dry to watery, sweet to sour, and smelly. Because of the city is located on the coastal area and have hot weather, most of the products made from sea resources, like shrimp and fish, and tropical trees. These giveaway products reflects the local identity which define its brand. Giveaway food products need package. Basically, package is something that store its contents, but a package is also works as a part of marketing mix by delivering message visually and the brand together with its product directly to the hands of the consumers. Therefore, directly, it used to bring the brand personality of their origin area to the outside that deliver by their package design. As a simulation, in collaboration with local goverment, the Cirebon giveaway food products are collected under authority of Koperasi usaha, and this package design is make use of bend products which deliver one message of Cirebon authenticity.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar