Selasa, 13 Maret 2012

Suasana Pembuatan Susu Karamel di Pabrik TK Sukamenak
Pangalengan = Susu. Um, betul banget. Pangalengan emang bisa dibilang sentra susu sapi di wilayah Jawa Barat. Dimana mana waktu kesana ketemunya sama sapiii mulu hehehe,… nggak ding … hiperbola … tapi emang yach, di desa desanya, hampir mayoritas penduduknya memiliki sapi yang setiap hari hasil susunya ke pengepul resmi perusahaan.
Nah, tapi susu yang ada di Pangalengan bukan cuma jadi susu minuman aja, karena berkat Ipah Datipah, susu bisa diolah jadi macam macam camilan yang yahui. Sebut saja, dodol susu, susu karamel (permen) dan bahkan kerupuk susu. Akhir tahun 1969, Pangalengan emang dilanda over produksi susu, sehingga sering kali ditemui susu yang terbuang karena basi. Sayang di sayang, Ipah berpikir pikir, akhirnya muncul ide untuk mengolah susu menjadi sesuatu yang tahan lama, jadilah susu karamel (permen susu).
Permen susu ini adalah awal dari usaha lainnya, krupuk dan dodol susu. Tak disangka, permen produksinya laris manis dipasaran, bahkan menjadi makanan khas wajib beli jika anda ke Pangalengan. Luar Biasa yach. Penasaran, saya datangi saja pabriknya. Pas ngeliat cara pembuataanya, ternyata gampang gampang susah. Susu dipanaskan dan terus diaduk sampai sekitar 5 jam, didinginkan, dicetak dan dipotong potong, lalu dibungkus dan jadilah susu karamel yang manis susu alami.
Nah sedangkan untuk pembuatan dodol, Dodol susu dibuat dari susu murni berkualitas yang diproses lebih sebentar dibanding karamel, sehingga masih ada empuk empuknya. Sedangkan kerupuk susu dibuat dari hasil memanfaatkan susu yang tak memenuhi standar kualitas atau diistilahkan dengan susu pecah.
Cepat sekali membungkus permennya ... waaah mereka rata rata sudah bekerja disini selama puluhan tahun dari kecil
Pembuatan kerupuk susu mengandalkan bahan baku susu pecah dari KPBS. Gumpalan susu dari susu pecah dicampur dan diaduk dengan tepung tapioka, lalu dikukus. Kemudian dipotong-potong dan dijemur selama tiga hari sehingga menghasilkan kerupuk dengan rasa asin-gurih.
Alamat Belanja : Susu Karamel TK. Kp. Sukamenak RT 04 RW 18 Jl. Chincona No 4 Pangalengan … Ipah Datipah 081321325192 – 081809657965 – 08172304202 – 02292755676
Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar