Selasa, 06 Maret 2012

Please fill this form






Your Message

Kuliner Bandung

Kuliner Bandung Paling HOT

Jenis Kuliner Bandung

Kuliner Bandung telah menjadi bagian dari pariwisata di Bandung dan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun asing. Ada berbagai jenis makanan tradisional maupun modern di kota kembang ini yang disajikan dalam beragam variasi yang menarik.
Read more

Masakan Khas Bandung Paling TOP

Nasi Bambu, Nasi Bakar dan Nasi Tutug Oncom

Berlibur ke Bandung tidak akan sempurna tanpa menyicipi makanan khas Bandung. Ada beberapa masakan khas Bandung yang patut dicoba dan sangat digemari, baik oleh masyarakat kota Bandung sendiri, maupun para pelancong yang
Read more

Oleh-OLeh Bandung Abadi Sepanjang Zaman

Oleh Oleh Khas Bandung

Dari tahun ke tahun kunjungan wisata ke Bandung dapat dikatakan meningkat pesat. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini Bandung menjelma menjadi kota tujuan wisata belanja dan kuliner. Toko oleh-oleh pun banyak bermunculan dan oleh-oleh yang
diproduksipun sangat variatif, mulai dari pastry, kue atau bolu basah serta makanan-makanan kering. Seiring dengan minat masyarakat terhadap makanan-makanan tersebut sangat tinggi, maka para pengusaha-pengusaha makanan pun semakin kreatif menciptakan menu oleh-oleh bandung baru yang serupa tapi tak sama.
Dari berbagai jenis inovasi oleh-oleh baru yang dikembangkan oleh para pengusaha kuliner Bandung pada beberapa tahun terakhir ini. Oleh-oleh khas Bandung asli pun ternyata masih banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari ramainya pusat penjualan oleh-oleh khas Bandung di pusat perbelanjaan Pasar Baru. Dari berbagai jenis jajanan yang dijajakan, ada tiga makanan yang paling mendominasi dan selalu ada di semua toko yaitu Wajit Cililin, Sale Pisang dan Tempe Kering.
Wajit Cililin
Wajit Cililin merupakan salah satu dari berbagai macam oleh-oleh khas Bandung yang sempat menjadi primadona. Walaupun Wajit ini berasal dari Cililin daerah Kabupaten Bandung Barat, namun minat masyarakat Bandung dan luar Bandung pada panganan ini begitu banyak. Sehingga para distributor makanan terutama oleh-oleh khas Bandung terus memasok Wajit ini langsung dari produsennya di daerah Cililin.
Wajit cililin sudah tidak asing lagi bagi orang Bandung dan sekitarnya. Panganan khas Cililin ini sudah identik dengan oleh-oleh dari Bandung yang selalu dicari. Wajit terbuat dari bahan dasar gula, beras ketan, dan kelapa yang kemudian dibungkus daun jagung. Nama “Cililin” digunakan untuk penganan berwarna cokelat dan legit ini, sesuai dengan tempatnya dibuat, yaitu daerah Cililin. Cililin adalah daerah di Kecamatan Camatan, sebelah selatan Kab. Bandung Barat. Daerah ini sudah cukup lama dikenal sebagai sentra penghasil Wajit.
Tempe Kering
Tempe kering merupakan salah satu dari oleh-oleh yang populer dan menjadi pilihan yang banyak diminati oleh masyarakat. Bentuk dan rasanya yang sederhana tidak mengurangi minta beli masyarakat terhadap oleh-oleh ini. Panganan ini banyak diminati oleh masyarakat, tidak hanya untuk oleh-oleh melainkan juga sebagai teman minum kopi atau untuk cemilan sehari-hari. Biasanya menjelang hari Raya Besar Keagamaan, permintaan akan penganan ini meningkat pesat.
Sale Pisang
Panganan lain yang populer dan biasa dijadikan oleh-oleh oleh para pelancong adalah sale pisang. Panganan yang mempunyai aroma dan rasa yang khas ini banyak diminati baik oleh masyarakat lokal Bandung maupun para wisatawan luar kota. Hampir di setiap toko oleh-oleh dapat ditemukan panganan ini dengan beraneka ragam bentuk dan rasa yang variatif.
Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. Yang banyak kita jumpai di toko oleh-oleh adalah sale pisang yang digoreng dengan tepung, yang merupakan bentuk dari pisang jadi yang sudah dilakukan penambahan bahan-bahan lain seperti tepung, gula, garam, aroma dan lain-lain.
Wajit Cililin, Sale Pisang, Tempe Kering hanya sebagian dari oleh-oleh Bandung lainnya yang sangat beraneka ragam. Masih banyak lagi makanan tradisonal khas Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar