Selasa, 06 Maret 2012

engkulu : Oleh-oleh Dari Hutan Dan Kebun   
 
by josslacosta81 on 2012-02-24 11:46:13
Provinsi Bemgkulu memiliki letak geografis yang unik. Salah satu sisinya memanjang menghadap Samudera Indonesia, dengan garis pantai sepanjang 530 km. Salah satu ujung pantai bertemu langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, sedangkan ujung pantai lain bertemu dengan Provinsi Lampung. Pegunungannya di wilayah selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Hasil laut olahan khas lokal bisa dicicipi saat wisatawan berada di Bengkulu, sedangkan hasil hutan atau perkebunan berupa kerajinan atau penganan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

1. Kerajinan Kulit Lantung
Di hutan Bengkulu berdiri pohon-pohon yang pada masa silam kulitnya digunakan untuk pakaian. Sebab, kulit pohon ini berupa lembaran tipis dengan jenis serat yang unik. Dikenal sebagai kulit lantung, bahan ini cukup lentur dibentuk apapun. Biasanya per pohon menghasilkan 2-3 lembar.

Yang digunakan adalah kulit bagian tengah. Jadi kulit bagian luar yang keras harus dileas terlebih dahulu. Untuk menipiskannya, kulit tengah dipukul-pukul hingga menipis seperti lembaran kertas yang tebal, lantas dijemur selama 2 minggu baru siap dijadikan baahn produk kerajinan. Ciri khas kulit lantung Bengkulu adalah serat dan permukaannya halus. Harga kerajinan kulit lantung bervariasi misalnya tas perempuan Rp 45.000 - Rp 200.000. Hiasan dinding, peci, pigura harganya dibawah Rp 60.000. ada pula topi ala koboi yang unik.


Topi koboi dari kulit lantung


Tas wanita


2. Batik Bengkulu
Kain besurek khas Bengkulu dibuat seperti hal nya batik dari tanah Jawa. Hanya motifnya lain seperti ada huruf Arab, atau corak bunga Raflesia.. Kata "besurek" secara harfiah berarti menulis. Karena itu, yang disebut kain besurek pada awalnya tak lain dari kain batik tulis. Namun sekarang ini banyak berkembang produksi kain besurek dengan cara dicap,

Harganya bervariasi, tergantung kepada motif, atau juga penggunaan polanya, apakah cap saja, atau cap dicampur tulis. Kain ini bisa dibeli dalam bentuk lembaran atau pakaian jadi. Harganya sekitar Rp 100.000 untuk yang tergolong murah. Cukup mudah mendapatkan kain besurek karena banyak gerai yang menjual di berbagai sudut Kota Bengkulu.




Gaun batik dari kain besurek
3. Lempuk Durian
Ini merupakan penganan oleh-oleh khas Bengkulu yang nikmat untuk dijadikan cemilan. Dibuat dari durian yang bijinya telah disingkirkan. Setelah dikupas dan dilepaskan bijinya, daging buah durian dicampur gula dan diasuk hingga 4 jam diatas api.

Variannya bermacam-macam, ada yang dicampur dengan ketan yang banyak sehingga kenyal dan ada pula yang hanya perpaduan antara durian dan gula yang aroma duriannya benar-benar kuat. Harga panganan ini mulai Rp 10.000, dan yang asli tentunya lebih mahal 3 kali lipat untuk ukuran yang sama.


Lempuk Durian

4. Manisan Terong
Jangan bayangkan rasanya aneh, tetapi rasanya kenyal seperti kurma dan rasa manisnya cukup kuat. Cara membuatnya, terong direndam dengan air kapur sirih selama semalam hingga mengeras, lalu dicampur gula. Juga ada manisan tomat, manisan apel dan manisan rumput lain. Aneka penganan tersebut harga jualnya berkisar Rp 10.000.



Manisan terong
5. Kue Tat/Bay Tat
Di deretan rak kue di gerai oleh-oleh khas Bengkulu biasanya dengan mudah ditemukan kuue tat atau bay tat. Ini camilan Bengkulu yang tak boleh dilewatkan. Mirip pie, karena bagian bawah dan sekelilingnya keras dan berbeentuk persegi empat. Rasanya manis karena di bagian dalamnya berisi selai.

Kue tat merupakan campuran tepung gandum, gula pasir, dan mentega. Bagian atas diolesi kuning telur shingga warnanya keemasan. Zaman dahulu konon ini merupakan makanan Raja Bengkulu. Dan sekarang penganan ini merupakan sajian khas saat lebaran, selain untuk oleh-oleh. Ada berbagai merek untuk kue ini, harga per kotak biasanya mulai dari Rp 10.000.

6. Kopi Kepahiang dan Teh Oolong
Kapahiang di Bengkulu Selatan merupakan daerah yang dikenal dengan produksi kopinya. Bila mengunjungi kota yangb berudara sejuk ini, gerai kopi sudah menyambut ketika memasuki kota. Hamparan biji kopi yang dijemur menghiasi sejumlah ruas jalan. Merek kopi khas Bengkulu , "Cap 1001" bisa ditemukan dalam ukuran kecil, mulai harga Rp 5.000 hingga per pak ukuran 500 gram

Kopi Kepahiang

Tak hanya kopi, pegunungan Bengkulu juga ditanami teh. Di Kepahiang ini juga dapat ditemukan Teh Oolong. Jenis teh yang dihasilkan berkualitas tinggi karena didukung iklim yang mendukung dan dipetik dengan pola manual. Teh OOlong mempunyai sederetan khasiat, misalnya menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan pengeluaran air seni. Harag per pak ukuran 100 gram sekitar Rp 60.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar