Selasa, 13 Maret 2012

Legitnya Bolu Pisang Bu Onih

E-mail Cetak PDF
Jalan-jalan menikmati suasana alam memang sangat menyenangkan. Apalagi ambil jajan dan makan makanan lezat khas kota yang kita singgahi. Banyak tempat tujuan wisata yang bisa dikunjungi oleh sebagian besar warga kota besar di Jakarta dan sekitarnya. Salah satu kota yang menarik untuk di kunjungi adalah Sukabumi. Kota yang terletak di sebelah selatan dari arah Jakarta ini berjarak kurang lebih 120 km, atau sekitar 60 km dari kota Bogor.
 
Bisa ditempuh melalui jalur darat dengan kendaraan kceil sekitar 3 jam dari Jakarta atau 2 jam dari Bogor. Jika tidak memiliki kendaraan sendiri, kita bisa menggunakan bus atau angkutan umum kecil yang lazim di sebut “colt”. Jika ingin merasakan naik kereta api juga bisa, hanya dengan membayar Rp. 5.500,- maka anda sudah bisa sampai ke Sukabumi dengan naik kereta “Bumi Geulis” dari stasiun Bogor dengan jadwal keberangkatan jam 5 sore setiap harinya.Jalan kecil dengan segala pemandangan hiruk pikuk kota kecil menjadi sebuah pengalaman yang mungkin jarang ditemukan jika anda menggunakan kendaraan roda empat. Sedangkan jika menggunakan kereta api, kita bisa menikmati hamparan pemandangan sawah, bukit dan perkebunan hijau. Sekaligus juga napak tilas salah satu jalur kereta api lintas selatan yang dibangun sejak zaman colonial Belanda ini. Beberapa  jembatan kuno dan stasiun kecil menjadi yang dilewati seakan kita kembali merasakan zaman colonial dulu.
 
Sebagai sebuah kota kecil Sukabumi memiliki banyak banyak pilihan obyek wisata. Mulai dari pegunungan hingga wilayah pantai. Untuk pegunungan ada Salabintana, Pondok Halimun, perkebunan teh Goal Para hingga bukit Baros Cempaka. Bagi yang gemar wisata air dan pantai ada banyak pilihan obyek wisata di sini. Wilayah sepanjang Pantai selatan Pelabuhan Ratu menjadi obyek wisata yang bisa dinikmati. Hamparan ombak, berenang, menikmati sunset dan sunrise serta surfing menjadi salah satu agenda kegiatan yang bisa dilakukan di sepanjang pantai Pelabuhan Ratu  ini.Selain wisata laut, di wilayah Selatan Sukabumi ini kita bisa juga  menikmati wisata mandi air panas di Cisolok.
 
Bagi yang gemar wisata  budaya anda bisa mengunjungi kampung adat Ciptagelar di Cisolok yang hidup dengan budaya adat Sunda asli. Bagi yang ingin mencoba nuansa pantai lain, anda bisa menyambangi pantai Ujung Genteng dengan pantai alaminya yang masih asli. Sekaligus melihat penangkaran penyu yang kini semakin langka.
 
Beda Dari Yang Lain
Wisata tanpa oleh-oleh terasa hambar. Jajan dan mencoba makanan menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah acara jalan-jalan. Banyak jajan enak bisa di coba di kota yang sejuk ini. Jika sebelumnya Sukabumi terkenal dengan “Mochi” nya. Maka kali ini kita bisa mencoba “Bolu”. “Bolu ah di sini juga banyak”, berbeda dengan bolu biasa, bolu ini adalah bolu pisang.Jika bolu biasa hanya berbahan dasar terigu, telur. Margarine, gula dan bahan lain. Dalam bolu ini ditambah juga pisang segar sebagai bahan utama. Jenis pisangnya adalah pisang ambon dan pisang ambon lumut. Sehingga jangan heran jika saat mencium bolu ini maka aroma khas pisang segar akan tercium wangi.
 
Usaha yang dirintis oleh Hj. Onih sejak tahun 1988 ini sudah terkenal seantero kota Sukabumi. Bahkan menjadi salah satu jajanan khas kota ini. “Resepnya saya dapatkan dari resep uji coba sendiri sekitar 20 tahun lalu. Karena bosan dengan kue bolu yang rasanya itu-itu saja, maka saya mencoba membuat bolu dengan dicampur pisang ambon. Aroma khas langsung tercium sejak kue itu dipanggan. Dari situlah saya mulai memperbaiki  komposisi pisang dan bahan dasar bolu lain untuk mendapatkan karakter  rasa yang khas,” sahut Hj. Onih memaparkan sejarah bisnis kuenya. Pusat gerai bolu Onih Sukabumi terletak di Sukaraja, yakni di dekat pasar Sukaraja searah lintasan Sukabumi menuju arah Cianjur. Tidak sulit  menemukan gerai bolu pisang bu Onih, hanya tinggal Tanya ke semua orang  di sekitar pasar Sukaraja maka semua orang akan menunjukan letaknya. Gerai ini terletak dalam sebuah gang kecil yang hanya bisa dilalui kendaraan kecil. Masuk ke gang yang tidak jauh itu maka kita akan menemukan sebuah toko kue yang cukup ramai dikunjungi, terlebih saat musim liburan. Banyak menu bolu pisang terdapat di sini, tidak hanya bolu pisang polos saja.
 
Masih ada menu bolu pisang lainnya, seperti bolu pisang keju, bolu pisang keju coklat, bolu pisang pandan, bolu pisang gulung. Bosan dengan bolu pisang kita juga bisa mencoba aneka bolu lain seperti bolu caramel, bolu nangka, ketan hitam hingga bolu tape dan aneka brownies. Hj. Onih mengaku pada hari biasa ia bisa menjual tidak kurang dari 400 bolu pisang. Sedangkan pada musim libur tiba ia bisa menjual tidak kurang dari 700 bolu pisang berbagai ukuran. “Bahkan jika sedang ramainya  konsumen mesti pesan dulu via telpon sehari sebelumnya agar tidak  kehabisan,” ujarnya menambahkan. Jajan boleh saja, namun aspek kehalalan mesti juga diperhatikan.
 
Pisangnya memang halal, tapi bahan lain seperti terigu, pengembang,pemanis hingga emulsifier itulah yang mesti diwaspadai. Sebab jika sudah terkontaminasi bahan yang tidak jelas maka hukumnya menjadi menjadi syubhat (samar-samar). Yang tidak jelas inilah yang mesti di  sertifikasi halal agar statusnya jelas dan tidak menjebak konsumen.  Sehingga kita sebagai konsumen menjadi lebih tenang bukan.

Untuk harga tidak mahal kok, sekotak bolu pisang bisa didapatkan mulai dari harga 12 ribu hingga 25 ribu. Makanan yang cocok untuk teman minum teh dan kopi ini juga layak menjadi buah tangan untuk kerabat kita di rumah. Jadi, jangan lupa mencoba panganan yang satu ini bila berkunjung ke Sukabumi.
Terakhir Diupdate ( Senin, 11 Januari 2010 08:54 )  
Banner

Main Menu


Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML() expected to be a reference, value given in /home/halalmui/public_html/libraries/joomla/cache/handler/callback.php on line 100

Polls

Apakah Sertifikat Halal Meningkatkan Omset Penjualan ?
 

Web Link


Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML() expected to be a reference, value given in /home/halalmui/public_html/libraries/joomla/cache/handler/callback.php on line 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar