Senin, 12 Maret 2012

Suwar-Suwir Oleh-oleh Khas Jember

Suwar-Suwir..!! Kata yang langsung keluar dari mulut saya kalau ditanya apa makanan khas Jember. Dan akan terlontar jawaban yang sama kalau anda bertanya icon kota Jember. Tentunya selain jawaban lain, seperti Tembakau, Anang Hermansyah, Opick ataupun Dewi Persik :D
Cemilan kecil dengan rasa selangit ini kabarnya sudah ada dari jaman duluuuu bangget..!! Bahkan jaman Belanda katanya sudah ada (iyo ta???) Meski ukuranya kecil tapi suwar suwir mampu bertahan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh khas Jember loh. Rasanya yang legit perpaduan antara manis, dan kecut ini memang khas dan berbeda. Bentuknya kotak kecil dan panjang. Adonanya liat seperti dodol tapi lebih keras sedikit (bingung jelasinya hahaha… cobain sendiri aja deh)
Setau saya suwar-suwir terbuat dari campuran tape singkong, gula, dan buah sirsat. Tapi ada juga yang bilang ada campuran tepung dan telur didalamnya (tergantung selera pembuat). Sesuai perkembangan jaman suwar-suwir juga mengikuti trend yang ada. Kalau dulu rasa yang ditawarkan cuma satu, yaitu rasa asli suwar-suwir. Sekarang ini banyak sekali pilihan rasanya mulai cokelat, strawberry, pandan, dll. Warnanya juga bermacam-macam. Ada perpaduan merah, hijau, cokelat bercampur dengan warna asli adonan suwar-suwir.
Oleh-oleh khas Jember ini pernah saya bawa ke Asrama MEC Surabaya pas abis liburan. Makluuum… temen2 saya  titipi oleh-oleh khas Jember katanya haha.. Saya sendiri  doyan sama suwar-suwir mungkin karna rasanya yang manis legit. Kalau makan lamaaaa sekali habisnya. Satu gigitan suwar-suwir dimulut bisa bermenit-menit, lain ceritanya kalo di kunyah… hehe
Di Jember sendiri pengrajin suwar-suwir cukup banyak. Bisa dilihat dari cap yang tertera pada pembungkus suwar-suwir yang ada. Kalau dulu suwar-suwir dijual dengan cara ditimbang kiloan. Sekarang ini sudah banyak yang dikemas sesuai ukuran dan rasa. Jadi tinggal ambil saja. Lebih hemat waktu. Tapi yang dikiloin juga masih ada kok. Urusan harga nggak mahal-mahal amat dan nggak bikin kantong bolong..!
Nah kalau anda mau beli oleh-oleh khas Jember bisa pilih suwar-suwir meski banyak pilihan lainya yang lebih modern seperti prol tape. Bagi saya nggak afdol rasanya kalau nggak bawa suwar-suwir dan sedikit pamer oleh-oleh khas Jember sama temen2 :D . Dibungkus dengan kertas minyak warna-warni atau plastik bening, suwar-suwir siap menanti untuk dibawa kemanapun anda pergi..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar